Hebat! Melalui Arisan Kebersihan, Warga Berhasil Angkut 100 Karung Sampah di Kali Ciliwung

Posted in , ,







.


.


.


.

.

Arisan warga yang dilakukan Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor cukup unik dan berbeda, bahkan jarang dilakukan oleh sebagian banyak orang pada umumnya.


Kegiatan arisan ini patut dijadikan contoh bagi warga yang ada di wilayah lainnya. Bagaimana tidak, hasil yang diperoleh dari arisan mereka alokasikan dananya pada kegiatan aksi bersih-bersih lingkungan, seperti bersih-bersih sampah di kali.

“Kegiatan ini awalnya ide bersama dengan warga. Dari obrolan iseng jadi kegiatan yang cukup kita apresiasi bersama,”ujar Lurah Babakan Pasar, Rokib Alhudri, Sabtu (10/11/16)
Kegatan ini, Kata Rokib, diberinama ‘Arisan Kebersihan’. Warga yang terlibat seluruh warga yang ada di RT dan RW masing-masing. Mereka, menyisihkan 5ribu rupiah untuk konsumsi dan ini sudah berjalan kali keenam.

“Pada dasarnya sama seperti arisan biasa dikocok nanti yang keluar dia jadi tuan rumahnya, contoh seperti hari ini yang dapet warga Gang Mesin Padabeunghar, Rw 09, dan hasilnya digunakan untuk kegiatan lingkungan, seperti kegiatan yang telah berjalan ini, yakni bersih-bersih,”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dana yang dialokasikan kedalam kegiatan ini, memang tidak hanya dari dana yang didapat dari arisan warga, melainkan, para donatur dan stakeholder turut ambil bagian untuk membantu konsumsi.

Beberapa yang terlibat dalam kegiatan ini, antara lain, Karang Taruna, Lembaga Kelompok Sosial, Ormas di wilayah, dan Komunitas Pecinta Ciliwung (KPC) Bogor.
“Untuk giat hari ini kita selain membersihkan lingkungan rumah Warga kita pun membersihkan sampah – sampah yang ada di sungai Ciliwung,”katanya.

Pengurus KPC Bogor, Tisna menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan ke dua di Kelurahan Babakan Pasar. Adanya kegiatan ini, KPC turut ikut serta membantu didalamnya.
“Dalam acara arisan kebersihan tadi digelar pagi sekitar pukul 09.00 WiB, para warga berhasil mengumpulkan 100 karung berisikan sampah,”pungkasnya.