Launching KOPHI Jawa Barat 2013 “GreEnvironmental Movement”

Posted in ,


Pawai #pasukanhijau di CFD Dago, Bandung (7/04)
       BANDUNG - Dalam rangka salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan KOPHI Jawa Barat menyelenggarakan acara GreEnvironmental Movement pada hari Minggu, 7 April 2013 bertempat di Glow Factory Outlet jln. Ir.H.Juanda Bandung, dengan tema Green With Your Friendssekaligus sebagai acara launching KOPHI Jawa Barat untuk menjalin silaturahmmi dengan masyarakat pada umumnya. Kegiatan utama dalam kegiatan ini adalah pawai peduli lingkungan dan pembagian bibit tanaman. GreEnvironmental Movement ini melibatkan peserta dari siswa-siswi tingkat sekolah dasar yang diikuti oleh beberapa SD di kota Bandung dan dihadiri oleh tamu undangan dari pemerintah kota Bandung dan BPLHD Jawa Barat yang memberikan sambutan dan membuka acara. Selain  bekerja sama dengan BPLHD Jawa Barat, acara ini pun bekerja sama dengan Dinas Pertanian Tanaman Jawa Barat (BPBHAT), Hi-Lo dan berkolaborasi dengan  AICT  (Ambassador of Indonesian Culture and Tourism) dalam mengisi acara.
Simbolisasi Pembagian bibit tanaman oleh BPLHD Jabar
          
    Mengingat kesadaran masyarakat terhadap pelestarian lingkungan masih kurang, maka atas dasar inilah acara GreEnvironmental Movement digagas. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan, yang dimulai dengan sambutan dari Rd.Nanda Teguh Perkasa selaku Ketua Pelaksana GreEnvironmental Movement, sambutan dari Yelda Lumianna Simanjuntak selaku Ketua Umum KOPHI Jawa Barat, dan dilanjutkan oleh sambutan dari pihak BPLHD Jawa Barat sekaligus membuka acara pawai dan pembagian bibit tanaman secara simbolis kepada peserta pawai. Dalam kesempatan ini pula launching KOPHI Jawa Barat resmi dibuka.
Salah Satu GreEnvironmental Heroes 2013
         
      Acara dilanjutkan dengan kegiatan utama yaitu pawai peduli lingkungan yang dilaksanakan di sekitar rute car free day sepanjang jalan Ir.H.Juanda, Bandung. Peserta pawai yang diikuti oleh siswa-siswi di beberapa SD di Bandung ini mengenakan kostum Greenvironmental Heroes dan atribut hasil daur ulang yang penuh dengan kreasi. Para peserta sangat antusias dan semangat dalam  menyuarakan dan mengajak masyarakat pada umumnya untuk lebih peduli terhadap pelestarian lingkungan, selama pawai berlangsung para peserta membawa berbagai macam atribut dan poster yang berisikan nilai-nilai peduli lingkungan. Acara inipun direspon baik oleh masyarakat yang berada disekitar wilayah acara berlangsung, melihat animo masyarakat dalam acara ini cukup tinggi.

Pemaparan Tentang KOPHI oleh #pasukanhijau
           





       Selain itu masih ada rangkaian acara yang menarik dan edukatif. Setelah pawai usai para peserta beristirahat di spot utama acara di gelar dan dihibur oleh acoustic performance dari El Quattro, pada saat istirahat panitia menyediakan makanan ringan dan minum untuk para peserta, dimana para peserta membawa tempat makan dan tumbler masing-masing. Acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai KOPHI oleh anggota KOPHI Jawa Barat yaitu Abu Hasan dan Rd. Nanda Teguh Perkasa, untuk mengenalkan  KOPHI kepada masyarakat sekaligus memberikan pengetahuan mengenai lingkungan dan dilanjutkan dengan games edukatif. Pada sesi selanjutnya  untuk menambah wawasan ada edukasi lingkungan dengan pembicara dari HiLo Green Ambassador 2012, yaitu Febri Ditiarra perwakilan Jawa Barat dan Aninda Natasya perwakilan Riau memberikan edukasi lingkungan kepada para peserta dan pengunjung yang membahas 3R (reuse, reduce, recycle). Tidak hanya sampai disitu para peserta masih bersemangat dan antusias pada saat sesi selanjutnya dimulai, yaitu acara melukis bersama yang berkolaborasi dengan AICT (Ambassador of Indonesian Culture and Tourism) dengan tema Everybody Can Paint. Di akhir acara atas nama KOPHI Jawa Barat mengucapkan terima kasih kepada para peserta dan pihak-pihak yang terkait dalam acara GreEnvironmental Movement, acara ditutup dengan hiburan acoustic performance dari El Quattro. 

        Semoga kegiatan ini memberikan input yang sangat besar bagi setiap orang untuk selalu peduli terhadap pelestarian lingkungan dan menjadi aksi nyata yang berkelanjutan. Sesuai dengan tema dalam acara ini yaitu Green With Your Friends diharapkan gerakan ini tidak hanya berhenti pada saat satu waktu tertentu, tapi akan terus meluas dari teman ke teman yang satunya lagi, terus sambung menyambung seperti mata rantai yang tak pernah putus, selalu saling mengingatkan dan mengajak semua orang untuk terus menjaga lingkungan. Salam Lestari.



Doc: Media Komunikasi Kophi Jawa Barat 2013