Jatinangor Berbiopori



            18 Mei 2013, tepatnya pada hari sabtu telah dilaksanakan  kegiatan Jatinangor Berbiopori “Gerak, Gali, Go Green” bertempat di kec.Jatinangor kab.Sumedang, Jawa Barat. Kegiatan yang berlangsung dalam satu hari ini diselenggarakan oleh Humas A 2010 FIKOM UNPAD yang bekerja sama dengan pemerintah kecamatan Jatinangor, WALHI, KOPHI Jawa Barat, dan pihak-pihak terkait lainya. Selain itu acara ini pula dimeriahkan oleh salah satu duta WWF yaitu Agustinus Gusti Nugroho atau sering dikenal dengan sebutan nama Nugie. Dalam kegiatan ini  KOPHI Jawa Barat berkesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam pensosialisasian dan pembuatan lubang biopori. 
 
Penampilan Nugie di Jatinangor Berbiopori.
Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Bapak Nandang  Suparman, S,Sos. Selaku camat di kecamatan Jatinangor. Sebelum kegiatan pembuatan lubang biopori dilaksanakan, pada pukul 10.00 WIB acara ini dimulai dengan pawai di sepajang jalan Jatinangor untuk mengkampanyekan peduli lingkungan sekaligus mengenalkan Biopori kepada warga Jatinangor khususnya. Usai pawai acara dilanjutkan dengan kegiatan utama yaitu pensosialisasian lubang biopori dan pembuatan lubang biopori kepada warga Jatinangor di beberapa desa di kawasan kecamatan Jatinangor  yang diantaranya, desa Cikeruh, desa Sayang, desa Cipacing, dan desa Cibeusi.
 
Pawai Biopori.
Saat pelaksaaan pihak penyelenggara acara dan partisipan telah dibagi dalam beberapa tim untuk disebar di setiap desa yang telah ditentukan untuk dilaksanakanya pensosialisasian dan pembuatan lubang biopori. Meskipun dilaksankan di beberapa desa yang berbeda, namun pada saat pensosialisasian dan pembuatan lubang biopori ini dilaksanakan dalam waktu yang sama. Respon warga Jatinangor sangat antusias dan menyambut dengan baik kegiatan ini, hal ini terlihat dari keingintahuan warga  mengenai biopori serta keikutsertaan warga yang terlibat langsung pada saat pembuatan lubang biopori. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang besar bagi warga dan lingkungan di kawasan Jatinangor khususnya.
            

Warga ikut serta membuat lubang biopori.

Pasukan Hijau KOPHI JABAR dan tim dalam pembuatan lubang biopori.
Hasil pembuatan lubang biopori di RT.09 ds.Sayang